Friday, December 5, 2008

"Theo Walcott Sukses Berkat Psikologi Olahraga"

TEMPO Interaktif

Selasa, 23 September 2008

London: Psikolog olahraga kenamaan asal Inggris, Carole Seheult, menilai peran psikologi olahraga di dunia sepakbola modern sangat penting. Seheult menganggap salah satu contoh peran psikologi terlihat dalam kesuksesan pemain Arsenal Theo Walcott.
Menurut Seheult, meski pesan yang disampaikan manajer ataupun staf tim sebelum pertandingan Arsenal sangat sederhana, pesan tersebut sangat berguna bagi para pemain. "Kuatnya hubungan antarpemain menentukan apakah semangat tim akan kuat atau lemah. Dan Anda bisa melihatnya di Arsenal," ujar Seheult.

"Lihat saja cara Wenger membesut Theo Walcott. Itu merupakan psikologi yang baik agar dia bisa mengembangkan diri sendiri dan melesatkannya," lanjut Seheult.

Akan tetapi, kata Seheult, salah satu faktor yang harus diperhitungkan adalah dinamika tim. Oleh sebab itu, kesatuan antar-pemain harus terus dijaga. "Para pemain harus melihat di antara mereka bukan sebagai pesaing. Dan mereka tidak perlu khawatir jika rekan setim mereka lebih bersinar ketimbang mereka," tegas mantan psikolog yang bekerja untuk Aston Villa tersebut.

Saat membela tim nasional Inggris dua pekan lalu, Walcott tampil gemilang dengan melesakkan tiga gol sehingga membawa Inggris menang 4-1 melawan Kroasia di kualifikasi Piala Dunia 2010.

Akibat penampilan gemilangnya di tim nasional Inggris, Walcott menjadi sasaran para pemain Bolton Wanderers pada pertandingan lanjuta Liga Inggris akhir pekan lalu. Arsenal sendiri saat ini bercokol di peringkat pertama klasemen sementara Liga Inggris dengan 12 poin dari empat kali menang dan sekali kalah. Mereka terpaut satu poin dari posisi kedua, Chelsea.

Daily Mirror| Kodrat Setiawan



No comments: