Tuesday, May 1, 2007

Selamat Datang di Psikologi Olahraga!

Psikologi olahraga memang belum begitu terkenal di Indonesia. Hal ini barangkali dipengaruhi oleh iklim industri olahraga yang juga belum begitu maju. Di Eropa ataupun di Amerika, psikologi olahraga seakan-akan sudah tidak bisa lagi dilepaskan dari dunia olahraga disana. Mereka sadar bahwa pelaku olahraga tersebut adalah manusia yang mempunyai sisi emosional selain sisi fisikal.

Psikologi olahraga sendiri adalah cabang ilmu psikologi yang secara spesifik bergulat dengan dunia olahraga. Baik dalam hal peningkatan kondisi mental atlet, penanganan terhadap atlet yang mengalami gangguan emosi, sampai berperan pada peningkatan efektifitas latihan di lapangan. Semua itu tentu saja dengan dasar ilmu psikologi yang dimiliki.

Blog ini akan mengajak semua orang yang tertarik berbincang mengenai dunia psikologi khususnya yang berkaitan dengan olahraga. DI masa mendatang, diharapkan blog ini akan menjadi salah satu perangsang bagi perkembangan diskusi mengenai bidang yang belum populer di Indonesia ini. Semoga dengan lahirnya blog ini, akan semakin banyak orang yang akan tertarik memperbincangkan mengenai psikologi olahraga.

Kritik, masukan, komentar, akan sangat berarti bagi pengembangan blog ini ke depan.

No comments: